Agen Bandarq Terbaik
Agen Bandarq Terbaik
>

Wapres Jusuf Kalla Wakilkan Indonesia Hadiri KTT D-8 Di Turki


Berita Akurat - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-9 Kelompok Delapan Negara Berkembang (D-8) di Istanbul, Turki pada 17-20 Oktober 2019.

Menurut Kalla, KTT D-8 adalah kumpulan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yakni Bangladesh, Mesir, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Pakistan dan Turki.

KTT D-8 tersebut akan fokus membahas mengenai perdagangan dan saling tukar pengalaman serta teknologi.

Nantinya, KTT D-8 juga akan mengeluarkan Deklarasi Istanbul, Rencana Aksi Istanbul dan penandatanganan MoU antara D-8 dengan Islamic Development Bank (IDB).


"Delapan negara-negara Islam berkembang dan besar akan kerja sama baik di bidang industri, perdagangan, investasi, juga saling menukar pengalaman," kata Kalla dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10/2017).

Kalla juga mengungkapkan peran Indonesia dalam kelompok D-8. Ketika itu, Dipo Alam ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) D-8 pertama yang bertugas 2009-2012.

"Indonesia pernah jadi Sekjen lama, lima tahun itu, jadi sekretariatnya di Turki," ucap Kalla.

Terbentuknya kelompok D-8, kata Kalla, awalnya diinisiasi oleh Turki pada 15 Juni 1997. Kelompok D-8 dibentuk agar negara Islam dapat bersatu, bukan hanya soal politik, tetapi juga ekonomi dan ilmu pengetahuan.

"D-8 bertransformasi menjadi kelompok yang tidak bersifat eksklusif keagamaan dan ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat anggotanya melalui pembangunan ekonomi dan sosial," ujarnya.

Usai menghadiri kegiatan acara KTT D-8, Kalla juga dijadwalkan akan melaksanakan ibadah umrah di Arab Saudi sebelum kembali ke Jakarta pada Senin (23/10/2017).

Sumber : Kompas.com


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.